Bengkel Motor !!! tingkatkan performa mesin motor standart

Salam kenal semua,, saya mr.J, mau sedikit bagi2 ilmu mengenai beberapa,,,,,,,,

tips mengenai mesin motor,,,, moga bermanfaat… ok sebelum saya berbagi2 ilmu buat kmu2 yang suka balap motor/ingin motor anda sedikit mengasikkan bila di kendarai mungkin, moga ini dapat bermanfaat buat km, pada dasarny motor yang ada di pasaran indonesia merupakan motor2 yang telah dirancang untuk mobilitas sehari2 sehingga mesin yang ada memiliki paling tinggi untuk ukuran motor bebek sekitar 125 cc,,,

tapi jangan kawatir disini saya ada beberapa tips untuk meningkatkan performa mesin motor anda,,

kali ini kita bahas untuk motor bebek SuZuki Shogunnew 110,cc dulu ya..

Pertama mungkin motor anda saat ini terasa berat bila anda pakai?, dalam artian mesin terasa susah payah untuk diajak lari?… Pada dasarnya susuki memiliki bahan dan kualitas untuk pembuatan mesinya lebih baik dibanding dengan merek lain,,, ups, maaf bukan maksuk njelek2 kan produk lain lho,, tapi coba anda bandingkan dengan cara mengangkat , misalnya coba anda angkat Cylinder mesin suzuki shogun dengan merek lain misal yamaha jupiter, rasakan perbedaan beratnya, kalo anda sudah pernah mengangkat pasti perbedaan sangatlah jauh suzuki shogun lebih berat,, dapat juga dengan anda memukulnya pelan2,, suara cylinder dari mesin shogun lebih terdengar padat..benar bukan!!,,

Untuk meningkatkan performa mesin motor SuZuki Shogunnew anda coba anda lihat pada sistem penyuplaian bahan bakar coy, pada mesin standart biasanya terasa kasar, ok pasti anda sudah tau masalah korek mesin bukan, ini merupakan proses dimana lubang penyuplaian dan pembuangan di besarkan, tapi tunggu dulu dalam melakukan ini jangan sembarangan anda membesarkan lubang2 itu, maksudny lubang isap-buang lho, jangan lubang yg laen :D ,, ok gini saja saya tidak memberikan cara2 yg susah2 untuk masalah ini pada dasarnya Bapak Jepang,, sudah mengukur sudut dan ketepatan lubangnya,,, anda saya sarankan untuk menghaluskannya saja coy, kalo perlu anda poles dengan batu hijau (banyak di toko besi, tinggal bilang saja) ya di haluskan saja,, lakukan juga untuk manifolny juga ya..

Tahap dua anda dapat melakukan pembubutan pada bidang cylinder heat, maksudnya pada bidang dimana sisi yang menempel pada cylinder piston, tau kan, coba anda bubut 0,8 mm jangan banyak2 soalnya tar piston dapat bertubrukan dengan klepny,,, dengan pembubutan tersebut akan dihasilkan kompresi pembakaran akan lebih padat, sehingga dapat menaikan kompresi mesin,,,, jangan lupa anda bersihkan beberapa kerak2 yang menempel pada ruang2 pembakaran, ini bertujuan agar pembakaran dapat terjadi sempurna, selanjutny anda dapat melakukan penyekuran pada klep dan dudukan klepnya, ini bertujuan agar klep dan dudukan klep lebih rapat tanpa ada ronga2 yang mengakibatkan kebocoran pada ruang pembakaran, lakukan ini dengan hati2 gunakan obat khusus (campur dengan beberapa tetes oli ya) yang banyak terdapat di bengkel2 onderdil, jangan lupa ganti juga sill klepny ya,,,  selanjutnya coba anda pasang kembali mesin2 yang di bongkar tadi, untuk perpak anda dapat memasangny satu saja, biasanya pada motor standart paking berlapis 3, ,, pastikan gunakan lem gasket pada setiap pemasangannya..setelah semua selesai, dan karburator juga jangan lupa anda bersihkan,, sekarang coba anda nyalakan dan cobalah,,,,,,,,,,,,,,,,

upss,, blum kerasa perubahannya ya,  ok pasti tarikan mesin hanya terasa beda dikit y, kalo gitu coba anda lakukan ini,, coba anda periksa busi, apakah busi yang anda pakai sudah sesuai dengan wilayah anda,, begini busi sangat perpengaruh juga lho sama cuaca panas dan dingin, untuk itu sesuaikan lah,, bila anda berada diwilayah panas coba anda gunakan jenis busi dingin, begitu sebalikny,,, jangan lupa seting karburator yang benar, jangan hanya anda menyetingnya boros2 saja (boros bukan berati kencang coy) teoriny sama kalo anda ada pada wilayah dingin anda dapat mengaturnya dengan penyuplaian bensin yg irit ,, bila anda di daerah panas anda dapat mengaturnya dengan sedikit boros bensin,,, kenapa demikian pada daerah dingin bila penyuplaian bensin terlalu banyak maka bensin tidak akan terbakar secara maksimal dikarenakan mesin tidak terlalu panas karena suhu disekitarnya, sehingga bensin akan sia2 di buang,, begitu juga pada daerah bersuhu panas bila anda menyetel penyuplaian bensinny terlalu irit maka pembakaran tidak akan maksimal dikarenakan pemuaian bahan bakar yang tinggi yg dikarenakan suhu disekitarnya ,,, seting setelan angin jangan lupa ya…. sekarang anda dapat mencobanya gimana ada perubahan?,,,,

waow ,,, blum puas juga, ok ni masih ada trik lagi setelah anda geber lo punya motor apakah terasa masih belum maksimal/ masih terdengar tersendat-sendat suara ny,,,, heheheee :D, coba deh anda ganti tu CDI standart SuZuki Shogunnew dengan SuZuki Shogun Th 99/2000, ada lo perbedaannya pada kedua CDI itu, pada suzuki shogunnew terdapat sistem limiter, yaitu sistem kerja CDI yang berfungsi untuk meng cut aliran listrik yang mengalir pada busi,, sehingga bila mesin di GEBER!!!!  nanti pada RPM tertentu sistem ini berjalan sehingga mengakibatkan mesin seperti tersendat-sendat dikarenakan aliran listrik terputus2,.,, untuk itu anda dapat mengantinya dengan CDI Shogun th 99-00 an (shogun lama)/ atau anda dapat menganti CDI racing yang banyak dijual ditoko2 variasi motor, untuk harga mungkin sekrang sekitar 400-500 ribuan,,   kalo sudah anda ganti sekarang anda dapat mencobanya kembali motor anda,,,, Gimana coy, sudah terasa blom bedanya,, Kalo masih blum puas ni ada lagi,,,, sedikit extrim ya ga pa2 asal anda rajin merawatnya pasti tu mesin awet kok,, coba deh anda lepas tu yang namanya noken as, anda dapat melakukan pembubutan pada bagian sampingny , jangan pada ujungny, untuk ini sedikit rumit sih gini aja lah, lebih gampanny anda beli saja yang sudah jadi di toko2 variasi juga ada kok,… tapi jangan lupa seting dengan benar soalnya ditakutkan nanti kepala klep dapat berbenturan dengan piston tar brabe jadinya,, bila terjadi demikian anda dapat melakukan pengikisan pada bagian kepala piston,, sudah ada bentuknya kok tinggal anda dalamkan saja tu kubahny,,, disamping itu anda dapat juga menaikkan cc motor anda dengan menganti piston standart dengan piston standart oversise,,, kalo masih blum puas  setelah anda menaikan cc motor anda,, anda dapat menganti payung klep anda dengan yang lebih besar diameterny, tapi tunggu dulu anda tetap harus melakukan pembubutan agar dapat dipasang pada mesin anda,,, anda dapat membawanya pada tukang bubut biasanya mereka sudah tau apa yang harus dilakukan , pokoknya anda bilang aja pada tukang bubutny , pak tolong pasangin ini ke sini ya,,,, heheeeee :D,,,, santai coy tukangnya sudah tau kok,,

kalo anda sudah melakukan perubahan ini anda saya anjurkan untuk menganti tu yang namanya karburator, anda dapat mengganti dengan karburator milik RX king atau Karburatoe mikuni kotak 24mm, jangan lupa disetting juga lho penyupelaian bensinnya,,.,

gimana sudah yoi blum motor km,, masih kurang bringas ya,,,,,coba anda bongkar pada bagian kampas kopling, gantilah kampas kopling yg baru mungkin kampas kopling yg lama sudah aus,,,,  anda juga dapat menambag kan Ring pada bagian per matahariny (sebutan para bengkel jogja),,,atau kalau tidak ditambahkan ring anda dapat menambagkan per matahari menjadi dua lapis, sedikit berat sih nanti untuk memasuk kan gigi 1 ke gigi berikutnya ,, tapi tidak apa2 jangan kawatir,, kalo anda sudah memasang kopling tangan pada motor susuki shogunnew lo, lo dapat beli tu peringan kopling yang ada di toko2 variasi ,,,  setelah itu anda dapat mencoba motor lo,, gmn ??????????????????????????

dah ini dulu ya kalo ad pertanyaan coment aja ke sini ,,,,

kalo ada bahasa2 yang kurang dimengerti tanyakan di sini ok coy…,,,

sukses bro otak-atik mesinny,,,,,,

Buat Para BloGGer Klik disini kami sediakan themes WordPress / Blogspot / Joomla / Drupal

207 thoughts on “Bengkel Motor !!! tingkatkan performa mesin motor standart

    • IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
      PADANG
      HP:085264100020
      pin bb:29d4b762
      _______________________________

      Haga kamvas kopling orisinil:

      kamvas Kopling set Smash Suzuki
      Rp. 100,000

      kamvas Kopling set Satria 6speed Suzuki
      Rp. 275,000

      kamvas Kopling set Satria 5speed Suzuki
      Rp. 278,000

      kamvas Kopling set Satria Fu 150 Suzuki
      Rp. 190,000

      kamvas Kopling set Thunder 125 Suzuki
      Rp. 190,000

      kamvas Kopling pcs RXK Yamaha
      Rp. 35,000

      kamvas Kopling set RXK Yamaha
      Rp. 131,000

      kamvas Kopling pcs L2G Yamaha
      Rp. 40,000

      kamvas Kopling set RXZ Yamaha
      Rp. 148,000

      kamvas Kopling set Jupiter MX cewe kopling>th2008 Yamaha
      Rp. 125,000

      kamvas Kopling set Scorpio Yamaha
      Rp. 280,000

      kamvas Kopling set Jupiter Z Yamaha
      Rp. 90,000

      kamvas Kopling set Vega ZR Yamaha
      Rp. 74,000

      kamvas Kopling set Jupiter MX <th2008 Yamaha
      Rp. 90,000

      kamvas Kopling set ZX Kawasaki
      Rp. 125,000

      kamvas Kopling set Kaze Kawasaki
      Rp. 125,000

      kamvas Kopling set Ninja Kawasaki
      Rp. 350,000
      _______________________________

      Harga kamvas cakram asli::

      Kampas Rem Cakram Depan Supra Honda
      Rp. 35,000

      Kampas Rem Cakram Depan Vario Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Depan Beat Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Depan GL Pro Honda
      Rp. 40,000

      Kampas Rem Cakram Depan New Tiger Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Depan Mega pro Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Depan Blade/ Revo Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Belakang New Tiger Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Belakang Supra x 125 Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Depan Vario Techno Honda
      Rp. 50,000

      Kampas Rem Cakram Depan Beat Honda
      Rp. 45,000

      Kampas Rem Cakram Depan F1ZR Yamaha
      Rp. 55,000

      Kampas Rem Cakram Depan Mio Yamaha
      Rp. 60,000

      Kampas Rem Cakram Depan Mio Soul Yamaha
      Rp. 60,000

      Kampas Rem Cakram Depan Vega R New Yamaha
      Rp. 60,000

      Kampas Rem Cakram Depan Mio j Yamaha
      Rp. 60,000

      Kampas Rem Cakram Depan Vixion Yamaha
      Rp. 60,000

      Kampas Rem Cakram Depan Bison Yamaha
      Rp. 60,000

      Kampas Rem Cakram Depan F1-Old Federal
      Rp. 20,000

      Kampas Rem Cakram Depan Blade/ Revo Honda
      Rp. 40,000

      Kampas Rem Cakram Depan Beat Honda
      Rp. 40,000

      Kampas Rem Cakram Depan Vario 125 F1 Honda
      Rp. 40,000

      Kampas Rem Cakram Depan Spin / Satria Suzuki
      Rp. 35,000

      _____________________________

      Demikianlah informasi tentang Daftar Harga Tebaru Untuk Semua Merk Motor yang bisa Spesifikasi Dan Harga Otomotif Terbaru berikan, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

  1. mw tanya nh..
    dlu sebelum ganti kampas kopling tu ga ad bunyi dek2 setelah ganti klo pas jalan setiap nurunin gas bunyi dek kras trus di tarik lgi gasnya buyi dek jg itu knp y?? ap ad yang rusak ato salah pada pemasanganya?
    tlong solusinya…

    • Q mw tnya nie tentang mtor supra x 125 ud keluar asap.y thu d.kenalpot, nh thu mta d.benern apa.y kmren q tnya.in k.bengkel kta.y mta nyekir blok ap btul? Trus lau nyekir blok dana.y kira-kira hbs brapa?

  2. oh gini mas fajar, kalo bunyi dek2 nya di bagian depan, coba anda buka kembali cylinder head nya,,, coba anda lihat pada piston apakah ada bekas benda keras bertubrukan , kalo ada cacat pada piston bagian depan, dapat disimpulkan klep bertubrukan dengan piston, yg dapat anda lakukan, coba anda tampahkan perpak nya,, dan lakukan stel ulang klep yg benar….

    kemungkinan lain bila anda setelah bongkar kampas kopling terjadi bunyi, bisa saja pemasangan yg kurang benar pada ring ny atau bisa saja kurang kencang, atau mungkin jumlah kampas yang dipasang kurang… jangan lupa lapisan2 disetiap2 kampas juga di pasang……
    mungkin itu coba anda bongkar kembari….
    thanks,, Mr.J

    • mas saya mau nanya saya punya sepeda vega r 110 cc tapi mesinya gandoool supaya tidak gandol n kenceng tarikan nya perlu di ganti apa tolong jawabanya

  3. Semua yang anda sarankan sudah saya lakukan, tapi kenapa susah mendapatkan power atasnya?? kalo putaran bawah sih udah cukup beringas. Saya sudah beberapa kali ganti noken as tapi hasilnya belum memuaskan. Saya tunggu saran anda selanjutnya. tq.

    • ok trimakasih mz stevane atas coment ny….

      bila anda sudah melakukan apa yang saya ungkapkan di atas,,,,
      maka tahap selanjutny coba anda lakukan setting gigi rasio… untuk melakukan seting rasio ini anda tidak boleh sembarangan anda harus benar2 teliti dalam pengoplosan rasio….
      ok kalo mtor anda shogun,, anda dapat menganti gigi rasio dari motor suzuki tornado, ingat dalam penggantian ini anda harus membubutny untuk dapat dipasang secara pas sesuai gigi rasio yg asli… coba anda ganti gigi rasio 2-4ny saja bila anda ingin mendapatkan putaran atasny,,,…. anda juga dapat memajukan stroke untuk meningkatkan kompresi dan cc motor anda…..

      • Setelah saya berburu gigi rasio ternyata harganya lumayan mahal, akhirnya saya cuma mampu membeli gigi 4 saja (untuk mendapatkan putaran atas) hasilnya lumayan, kini tinggal bagaimana menghitung stroke agar jika saya majukan tidak melebihi 115cc, kalo mas bisa menghitungnya tolong saya diberitahu, untuk mas ketahui bahwa saat ini blok saya sudah di oversize 100 dan pake piston jenong izumi. Selanjutnya saya juga mohon diberitahu jika saya menggunakan premium berapa kompresi yang tepat dan bagaimana cara menghitungnya. Perlu mas ketahui kenapa saya gunakan premium, ini disebabkan ditempat saya tidak ada pertamax plus tapi yang ada hanya avgas yang harganya seliter 40 ribu, itupun sangat susah didapat. thanks atas bantuan anda…

      • makasi mz stevane…

        wah biasanya untuk anak2 jogja dalam bermain rasio biasanya mereka tidak membeli rasio baru,, untuk mengirit ongkos anda bisa cari gigi rasio di pasar2 barang bekas biasanya disitu BUANYAK gigi2 rasio yang bertebaran dan harganya mungkin 15 rebu :D mungkin kalo dapat saya sarankan anda dapat pergi ke pasar bringharjo di jogja, ato kalo di solo ada di pasar truwindu,, ini solusi untuk mengirit biyaya …

        kalo anda mau menaikkan cc menjadi 115 kan pada shogun standart cc sudah mencapai 110,, dan sekarang anda sudah mengganti piston dengan oversise 100,, itu udah hampir mencapai 115cc, jadi menurut saya malah anda saya sarankan untuk mengoptimalkan setingan2 yang telah anda lakukan, apa benar apa yang anda lakukan sudah maksimal,, soalnya kalo emang anda sudah memaksimalkan nya saya yakin motor anda dapat melaju kencang,,, saya pernah setting motor honda star dan cc ny hanya saya buat 105cc. dan hasilnya dapat tembus mencapai 14 detik pada jarak 201m, pada starmild dragbike di jgja… padahal saya tidak merubah gigi rasio dan stroke… mungkin ini dapat membuat mas mengoptimalkan setinggan terlebih dahulu saya yakin hasilny memuaskan ,, selamat mencoba…

    • Sorry! tanya lagi nich…kenapa ruang bakar masih saja hitam? padahal saya sudah ngecek blok+ring seher, sil klep, pengapian (pulser, koil, cdi, busi) trus…udah nyeting karbu beberapa kali tapi tetap saja hitam…apa harus pake avgas??? walaupun sekarang performanya udah lumayan, tapi saya pengen lebih maksimal lagi. tq atas jawabannya.

      • iya tidak apa2 malah saya senang atas pertanyaan saudara, kata orang walau sedikit ilmu kita wajib bagi2 , ..
        untuk masalah ruang bakar menjadi hitam banyak faktor yang mengakibatkan , beberapa diantaranya yang anda sebutkan itu.. apa bila anda sudah mengecek pada sistem klep dan ring dan seting karburator… apakah anda pernah mencium bau dari ruang bakar tsb,, maksut saya begini coba anda cium bau dari bekas bakaran itu anda pasti bisa membedaka antara bau oli terbakar atau bensin yang terbakar sia2 karena mungkin bensin terlalu boros… atau pun mungkin bensin tidak terbakar sempurna karena sistem pengapian yang kurang sempurna… saran saya coba anda bongkar kembali dan anda bersihkan sebersih mungkin, busi juga anda bersihkan ya… lalu anda pasang kembali dan cobalah beberapa menit mesin di hidupkan… setelah itu coba anda lepas busi dan cium bau bekas bakaran tersebut….
        tentunya anda tau apa yang harus anda lakukan apabila bensin boros atau oli yang bocor….
        selamat mencoba mas steave……

      • Tanya lagi… lagi tanya!!! aku ingin meringankan putaran mesin, dengan membubut magnet standarnya, kira-kira beratnya berapa yang pas??? trus balancer (pemberatnya) biar seimbang dipakai berapa gram??? thanks atas bantuannya…

  4. om .. ak pnya motor standard,,mtor vega .
    bisa gag kira-kira pengen lari kenceng..
    kalo piston motor ak dganti sm piston kawasaki KZE .. ?
    makasi yaa Mr J ..

    • kalo anda ingin menganti piston motor vega anda dengan piston kawasaki kze bisa saja..
      kebetulan untuk pen pistonny sama ukurannya,, jadi anda hanya sedikit memodifikasinya dikit saja…
      dan motor vega anda nantinya akan berubah menjadi 125 cc dengan piston kze yang disesuaikan…… anda saya sarankan untuk melakukan modifikasi seperti yang saya sebutkan di atas pada motor suzuki shogun, bila anda ingin mencapai kecepatan maksimum.

  5. Mass ..
    saya mendapat masukan setelah membaca komen mbak laras di atas.
    dan saya berencana untuk mengaplikasikannya ke motor saya.
    kira-kira masalah biaya untuk ngeganti piston dari vega (motor saya) dengan piston kawasaki KZE .. ??

    hatur nuhun bang J ..

  6. salam..mr.j, gw mau nanya nih, ,,
    motor gw shogun 125 R, , bisa ga gw pasangin kopling byar tarikannya tambah kenceng ????
    thanx..

    • Untuk mas umar… bila anda ingin memasang kopling pada motor shogun anda itu dapat saja di lakukan yang jelas untuk pengerjaannya anda hanya butuh sedikit memodifikasinya pada bagian blok koplongnya … tetapi kopling tangan tidak akan menambah kecepatan mesin mas umar,….

      • oh, jadi kecepatan mesin antara motor kopling dengan motor biasa kaga ada bedanya ya…lantas, fungsi dari kopling itu sendiri bwat apa Mr.J ???? (sori nih, gw rada bloon masalah kaya ginian) :)

  7. oh, jadi kecepatan mesin antara motor kopling dengan motor biasa kaga ada bedanya ya…lantas, fungsi dari kopling itu sendiri bwat apa Mr.J ???? (sori nih, gw rada bloon masalah kaya ginian) :)

    • perbedaan kopling tangan dan otomatis= pada dasarny kinerja antara kopling tangan dan otomatis itu sama .. hanya saja bila kopling tangan si pengendaralah yang mengatur pergerakan perputaran mesin, sedangkan kopling otomatis bekerja dengan sendirinya,, akan tetapi yang banyak orang mengira kopling tangan lebih kencang sebenarnya adalah putaran mesinnya,,, bukan kecepatan laju motornya… nah kalau pada balap motor pada menggunakan kopling tangan adalah .. karena dengan kopling tangan kita dapat sesuka hati bermain power putaran mesin tentu saja didukung dengan setinggan yang pas ya bro..dan lebih simpel bila di pake balap… coba anda buktikan dengan menganti kopling motor anda dengan kopling tangan dengan catatan anda tidak menganti kampas koplingnya dulu,, coba bandingkan sesudah dan sebelumnya,

    • biasanya bila terjadi bunyi ngung2 pada mesin itu dikarenakan masalah pada kruck as nya,, kalu motor anda shogun mungkin motor anda pernah di pasang kopling tangan kalu anda tidak pernah pasang kopling tangan dan kalu dulu motor anda dulu beli bekas mungkin penjual yg dulu pernah pasang kopling>>>> begini ceritanya :D he.. bila pemasangan kopling tangan pada motor anda tidak pas atau tidak balance ini akan mengakibatkan laker2 pada kruck as nya sudah tidak bekerja dengan baik>>>> solusinya agak serem nih :D belah mesin motor anda dan ganti itu yang namanya lacker kruck as>>> good luck

  8. Mr. j,,, saya mo nanya kenapa sih motor supra x 125 saya kok makin lambat dan berat…..padahal servis tune up dan ganti oli sebulan sekali tidak pernah terlambat,,,thanks….

    • begini mas brian>>> pada dasarnya motor kita di service memang baik dan sering di ganti oli juga mesin tambah awet….. ini permasalahan anda hanya pada si tukang bengkel anda apakan sudah benar melakukan penservisannya belum,, apa anda setiap service hanya membersihkan carburator nya saja? coba anda lakukan service sedikit berat pada bagian mesin ,, misal membersihkan kerak2 pada silinder head, melakukan skur pada klep,, dan menseting klep yang tepat,,,,,,

      oli sebenarnya juga berpengaruh juga lo pada mesin….. logikanya begini…. ada beberapa oli yang memiliki kekentalan yang maksimum ada juga oli yang lebih encer,,, perbedaan nya bila oli lebih kental maka akan membuat mesin anda lebih halus suaranya akan tetapi akan sedikit berat,,, begitu juga sebaliknya>>>> mungkin ini sudah cukup>>> kalo ada pertanyaan lg poshting aja di sini ok>>> :D

  9. Bro Q mw tny
    kalo mw pake gigi rasio tornado perlu ada penyesuain lagi g?
    Trus perbandingan gigi rasio tornado berapa
    maw beli ntar takut d boongin sma yg jual makany tnya dlu bwt patokan…
    Bles yaaa
    smiwww….

    • sarannya kamu bawa gigi rasio standartnya shogun tar kamu tempelkan dengan tornado… milik tornado lebih tipis….. trus nanti kamu baru bikin ujung2 giginya sedikit bundar .. tapi ingat jangan terlalu banyak mengikisnya ya>>>>>

  10. Oke maz makasih buat infony
    oia Q mau pke rasio k 4 ny aj sma kya kata maz
    tapi Q bingung karena rasio 4 standar shogun nempel beserta as
    apa as gear rasio ny tornado bisa diaplikasi jg?
    Maaf klo kbnyakan tanya…
    Maklum ber guru dulu sama yg sudah pngalaman
    smiwww…..

  11. ya memang sih rasionya nempel ama as nya tapi setau saya kebanyakan kalo rasio 4nya di ganti sekalian as nya aja, tapi harus pandai2 dalam pembubutannya….. atau saran saya rasio 4 pake standart tapi anda ubah sedikit sudut2 gigi2 nya ….

  12. Waaww gimana tuh maz mksudny dubah sudut2 giginya??
    Minta info donk
    motorQ udah pke pisto thunder std klep 28/24 naek stroke 2mm porting cdi shogun kebo noken papasan
    tapi ko putaran atasnya msih ngedrop bgt…
    Makanya Q coba maen rasio kya kta maz..
    Mau beli rasio full set mahal…
    Mohon bantuanny…
    Smiwww….

    • maksud nya gini mas yang namanya gigi gear pastikan punya ujung2 mata gir kan.. nah di setiap ujung2 mata gear tersebutlah kita dapat melakukan perubahan pada sudut keruncingannya….. kalau pada rasio standart biasanya ujung agak sedikit berbentuk persegi ya…. nah kita buat itu sedikit bundar melengkung jadi sudut siku nya menjadi melengkung… akan tetapi usahakan seakurat mungkin untuk melakukan ini usahakan jangan sampai yang satu panjang dan yang satu pendek…. kalu perlu bawa k tukang bubut aja…. nah ini lah sebab nya mengapa kebanyakan motor buat balap jarang dipakai harian … karena dengan gigi yang sudah di rubah sangat riskan sekali…. di banding dengan gigi yang masih standard… untuk masalah perbandingan gigi rasionya yang mau dirubah terserah anda tergantung kebutuhan anda….

  13. ooooooo….
    gitu yah….
    enggak mas maksud Q
    buat sekedar info aj buatQ mas tau perbandingan gigi tornado ntu brapa2 g??
    atu lagi mas yang Q tanya
    maksud dari balans ulang bandul ntu gimana yah?
    apa sama dengan center bandul?
    trus berat balans (tempat kampas ganda) yang pas di bikin brapa buat jarak 201?
    sekarang ni Q masih pake balans standarnya plus kampas ganda ny.. brat skitar 1500 gr
    n berat magnet sekarang 1200gr
    ap tu juga yang bikin motorQ ngdrop di putaran atas?
    mohon infonya mas…
    smiwwww…..

  14. wah emang kalo kita mau ngomongin masalah gigi rasio gak pernah habis2 setiap bengkel punya ilmu masing2, yg di pake bengkel A blom tentu benar di bengkel B.. ok sekedar pengertian aja yah….. motor pengen laju bisa di bikin dengan menghitung perbandingan gigi rasio pada girboks mesin. Tinggal pilih sesuai kebutuhan motor anda . Buat road race, drag bike atau harian .
    ini memiliki karakter perbandingan rasio berbeda. dan jangan sampai salah pilih! Akibatnya, motor bukan enak diajak ngebut malah jadi loyo atau bisa juga terlalu liar, bisa juga rontok… hehe suerem!!!
    Hitungannya, makin dekat hasil perbandingan gigi, berarti rasio makin rapat. disebut rasio ringan. Sebaliknya. Makin jauh hasil pembagian gigi, artinya makin berat.

    Kalau buat road race perbandingan gigi harus lebih ringan. “Itu karena pada road race sering main gas dan track lebih pendek2…. pasar senggol lah istilahnya
    Rpm mesin biasa dipaksa main di putaran bawah juga. Akhirnya, tenaga mesin butuh ditopang perbandingan rasio lebih enteng. “Supaya rpm cepat naik. Larinya juga tak ngedrop saat pindah persneling.
    Di gigi rasio 2 dan 3 anda dapat mengakalinya. Karena gigi dua lebih dekat dengan gigi satu dan gigi empat makin dekat dengan gigi 3.
    Kalau Buat drag, butuh rasio lebih berat. “Itu karena butuh rpm mesin yang lebih tinggi,.. lebih mengutamakan putaran atas nya…
    Baik itu buat drag lintasan 201 atau 402 meter.

    bisa di tes coba motor drag di balap dengan motor road race pada putaran bawah motor drag kalah dengan motor road race tetapi nanti pada putaran atas motor road race akan kalah dengan drag…
    Untuk memakai rasio berat, Napas mesin akan lebih panjang. Tinggal anda mensetting gear belakannya atau depannya saja….
    intinya jika tiap perhitungan gigi makin rapat maka hasilnya makin ringan.. dan jika makin jauh maka hasilnya makin berat,

    dalam hal ini saya juga tidak begitu profesional … masalah gigi rasio ini bukan hal yang gampang… pernah saya beli gigi rasio di bengkel sperpart… trus saya balikin karena tidak pas… lah saya malah di gobkok2 kan… padahal itu benar emang gigi rasio yang saya cari….. xixixixixiiixixiii……

    kalo masi binggung cara mengetahuinya cukup mudah. Misal gir di gigi primer. Makin kecil jumlah mata gir, itu artinya gigi makin rendah. Misal, gigi 12 mata dan gigi 17 mata. Maka, jumlah mata 12, itu gigi terendah.
    Begitu selanjutnya. Makin besar angka, itu artinya gigi makin besar atau tinggi. Tapi lain lagi hitungan di gigi sekunder. Komposisinya, makin kecil angka itu artinya gigi makin besar.>>>>

    balance bandul pada prinsipnya adalah sama seperti roda mobil… anda pasti tau pada roda mobil terkadang ada timah kecilnya… nah itulah balance …. bila itu d terapkan pada bandul maka bandul di borr lalu dimasukkan pemberat yang sesuai kebutuhannya…. ini dilakukan untuk memberikan tenaga lebih pada bandul… anda pasti pernah dengar GAYA SENTRIPETAL…. ah itu kan pelajaran IPA anak SD to :D ….

    anda pernah mencoba motor anda tanpa maghnet…. saya pernah mencoba dan hasilnya emang dasyat… tapi anda harus menggunakan paling tidak 2 aki sebagai pengapiannya…. tapi usahakan aki benar2 maksimal….. dan nantinya anda membuat juga alat atau yah untuk membaca titik apinya … anda membuat dengan sebatang besi yang dipasang sebagai pengganti maghnet… maaf ya kalo saya menjelaskannya rada kacau heee… ok dak kapan2 kalo saya ada gambarnya coba saya postingkan di sini….. sukses bro>>> o ya Ramadan Cup rame gak ya kira2……

  15. waaaaaahhhhh
    mkasih banget mas buat infonya…
    bantu banget buat nambah info…

    ooooo jadi balans bandul sperti ntu yah…
    di malang di mana yah mas yang bisa balance bandul???
    kira2 biayanya berapa??
    oia mas apa benar kalo cdi orsi shogun kebo masih kalah sama cdi brt??

    pastinya rame banget mas
    ramadhan cup paling ditunggu2 sama para pembalap palagi para pebali…

    makanya Q butuh info yang banyak buat naekin performa motor shogunQ

    malu mas di pecundangin trus tuh sma jupie…
    hukz…

  16. wah kalo biyaya nya tiap bengkel beda2 mas…. kalo d malang mungkin coba anda cari kalo ga salah ada bengkel balap yang arahnya ke batu malang saya lupa namanya dah lama sekali soalnya… soalnya dulu saya pernah kirim mesin k sana….. tapi dah lama buanget, ne juga ak dah lama gak berkecimpung di balapan soal nya he….
    untuk masalah cdi shogun kebo ama brt ya memang mending brt lah…. soalnya kan brt kita bisa pilih mau pakai rpm berapa atau pake yang unlimitid……

    ok selamat berkarya mas…….. moga berhasil……

  17. waaahhhhh
    ko lupa…
    di daerah arah mau ke batu banyak banget sih bengkelnya
    hehehe

    mau ke team drag bofas malang tapi muaaahhhhaaalllll
    maklum anak skolah dengan dana cekak maunya motor nagcir paling di depan ndiri…
    hehehe

    oooooo emang cdi brt paling sip yah…

    oke makasih banget ya mas buat infonya…
    smiwww…

    • iya maap lupa saya namanya…… wah kalo masalah paling sip banyak CDI yang bagus.. hanya saja banyak para peBali pake gituan.. harga terjangkau dan hasil memuaskan :D…………

  18. oke mas g pa2 ko

    oia mas menurut graham bell kan porting sekitar 80-85% dari diamater klep..
    nah ntu ngitungnya dari lubang yang mana y?

    ap di area sitting
    ato dari manifold?

    jelasin dunk….
    hehehe smiwww

    • kalau saya untuk masalah porting saya jarang sekali mengukur derajatnya…. yang jelas saya melakukan porting ,, pada sudut lubang di usahakan di kurangi kan ada tuh bengkokan pada lubang pembakaran …. nah itu di usahakan di kikis sampai lubang ujung klep terlihat jelas… dan satu lagi porting yang andalakukan jangan berlebihan membesarkan lubangnya bisa2 malah tenaga jadi drop… saran saya cukup lakukan sedikit pembesaran dan anda utamakan melicinkan dinding2 lubang pembakarannya….

  19. Hmmmm gt yah…
    Truz udah prnah nyobain yang mpe geser lubang portingny g mas?
    Efekny gmna mas?
    PnyaQ mw Q buat kaya gt tp dsni gtau dimana ad yg punya las argon..
    Trus juga denger2 mhal tuh biaya buat las argon…
    Slain las argon ada lagi g solusi yg laen mas?
    Aduh mana puasa udah dket lg…
    Hehehe

    • pernah saya mencoba menggeser lubang alur portingan ya hasilnya lumayan juga tapi itu ribet banget…. harus cor sana sini biar pas…. sebenarnya anda bisa lakukan pada manifolnya saja sih menurut saya…. usahakan ganti manifolt /intex… dengan yang sedikit lurus hemmm,, gini maksudnya…. anda tentu tau carburator mobil kan…. dari carburator mobil itu memiliki sudut yang sempurna menurut saya, karena dari penyuplain bahan bakar langsung menuju ruang bakar ,,, tanpa ada intex nya knd…. nah motor bila di buat seperti itu menurut saya juga bagus tetapi tetap pakai intex lho, tetapi kalau anda menggunakan intex standart anda dapat potong setengan dan anda sambung dengan intex modivikasian sendiri menggunakan selang radiator mobil…. nanti anda akan dapat dengan mudah mengatur sudutnya…. dan usahakan jangan sampai bocor…. kalu ada sedikit uang intex dibeli di pasaran juga ada…..

      jujur saja untuk masalah geser lubang porting sangat ribet, anda berati juga harus merubah alur semburan bahanbakar dari carburator( berati anda harus rubah carbu juga).. trus pada klep anda juga harus merubahnya….. mending masih menggunakan alur yang sama tetapi tenaga maksimal…

    • yah namanya pengen menghasilkan sesuatu yang laen dari yang laen pasti rumit lah heheheheee… tapi sukses lah buat kamu…

      las listrik ama argon ya jelas beda toh mas….

  20. ooooo beda yah…
    hwahaha kirain sama…

    bis gak tau gimana bentuknya tuh las argon hehehehe

    sukses juga bwat mas…
    bangun lagi tuh motor balap

    Qt buktiin apa kata “mamik”
    “shogun dilawan…”

    hehehehe

  21. Selamat siang….saya mau tanya, saya punya shogun 125 thn 2004,saya mau menambah tenaganya biar larinya enteng alias kenceng? dan kalau mau di ganti piston yang cocok punya mator apa ? terimakasih.

    • kalau anda masih pakai piston standart anda dapat menaikkannya dengan ofer sise 100. atau anda dapat naikan sampai ofer sise 200. untuk naikkan performa anda dapat membaca artikel saya di atas… atau beberapa komentar yang ada…..

  22. kalau anda masih pakai piston standart anda dapat menaikkannya dengan ofer sise 100. atau anda dapat naikan sampai ofer sise 200. untuk naikkan performa anda dapat membaca artikel saya di atas… atau beberapa komentar yang ada…..

  23. mas, mau nanya,
    sy mau pasang kopling manual di jupiter z,
    kira2 butuh biaya brp dan apa aja yang harus disiapkan maksutnya nanti pd saat pemasangan, apa aja yang kudu dirubah?
    trs, bwt harian, enaknya pake kopling biasa apa yg x-1?
    bedanya apa?
    trs bedain x-1 yg asli sm yg palsu gmn?
    trakhir, bengkel di malang yang bagus dmn?
    maksutnya barang2nya bagus & pemasangannya (mekaniknya) jg kompeten.
    maaf sy banyak nanya, cz masi awam soal gini2an.
    makasih banyak sebelumnya.
    sukses selalu!

    • untuk jupiter z kalau mau di pasang kopling menggunakan bak kopling x-1 cuma tinggal pasang aja…. gak perlu rubah apa2… palin cuma copot otomatis kopling doang, dan kalau pengen lebih enak ganti kampas kopling juga.. kalu masalah asli dan tidaknya beli aja di dealer resmi yamaha… tapi di toko2 variasi biasanya juga ada yang asli kok…. enaknya menggunakan kopling x1 tidak perlu susah2 buat bak koplingnya, dan perhitungan sudah jelas tepat, kand pabrik yg buat…

      wah kalu masalah bengkel malang yang bagus saya tidak tahu benar… yang saya tau hanya bengkel2 jogja… kadang juga malah bengkel malang kirim mesin k jgja kok…. kalu di jgja banyak… ada bengkel.. manual tech, GRM , bypass, techno, RDV, tetepa, masih banyak lagi yang laen,,, sampai2 d jgja aja tukang tambal ban bangun motor drag… xixixixiiii :D

  24. Met sore bro…
    mohon bantuannya, motorku shogun 110R rencananya sih mo ganti gigi rasio biar bisa ikutan drag 201. tapi saya masih bingung aja mo copot rasio dari motor apa?
    kira-kira klo saya make rasio ini cocok nggag ya?
    12/31 punya motor apa ya?
    16/28 punya motor apa ya?
    19/21 punya motor apa ya?
    tolong dong perbandingan gigi rasio standar tornado dengan RC 100.

  25. Shogun memang mantab ya… wah jadi sayang nih mau ngejual. padahal udah sering2 ditawar orang… heheh. ada yang tahu ngga bengkel suzuki di Malang yg siiipp.. rencana mau oversize.

    • kalo cuma mau oversize banyak kok bengkel yang bisa, di garap sendiri juga gampang knd, tinggal lepas tuh silinder head, trus pergi ke tukang bubut sambil bawa piston dan ring pistonnya…. Jadi deh!!……

    • ada… jelas perlu ganti boringnya….. soalnya kalo gak salah bisa gak di ganti tapi nanti dinding boring pistonnya tipis banget, tar jadi riskan bro…

  26. Sekarng sdh berkembang blapan MP 6 (125 standar pemula lokal).
    Yg sy ingin txkn.
    Bagaimana mmbuat mesin i2 laju tnpa mnggunakan karbu racing, klep racing n rasio racing. Pokoke standart smuax. . . .?

    • yoi bro… mp 6….
      tergantung kenceng yang seperti apa….
      bisa aja kenceng seperti artikel yang saya sebutkan di atas ga pake setingan racing juga…. rubah champ. rubah isap buang. rubah bandul. oplos rasio…. rubah klep/….. biasanya kalo kita nggak maen racing kita bisa akalin dengan maen persilangan dengan onderdil motor2 lain dengan setingan yg tepat tentunya…. untuk racikan mp 6 sendiri masi banyak bengkel yang belum menemukan secara pas dan yoi… saya sendiri blum mencoba melakukan riset di sini… :D

  27. numpangg tanya klo bengkel daerah jogja yang jualan spare part racing untuk motor bebek 125 cc dimana ya yang komplit?(alamtnnya yg lengkap ya.)
    Terus klau bengkel modif performa motor yang bagus dimana ya? (Yang biayanya jangan mahal2)

    • wah sperpart racing yang gimana dulu,,, soalnya di sini banyak… ada speed shopnya hendriansyah… ada punya handoyo tergantung carinya…. tapi kalo emang barangny ga ada biasa anak jgja cari d jakarta mas… modif performa gimana juga nih… bengkel knd punya kriteria sendiri2…. buat drag,, buat road race,, buat gastrak ,, masalah biyaya relatif mas… tergantung kebutuhan kalo buat motor balap ya relatif agak mahal soalnya kand pake pard racing… :D

  28. oh iya….
    kalau menurut mas untuk naikin performa, pj dan mj shogun new 125 ditambah brp step? Filter racing untuk karbu standar shogun kira2 ada tidak ya di jogja?
    ganti noken racing, per klep dan klep sonic kira2 ngaruh/meremen sama part yang lain ga(misal cepet aus)?

    • pj ? , mj ?

      wah aku malah ga penah pake filter racing karbu standart,,kalo itu kurang tau mungikn ada kok :D…

      untuk masalah modif kanibalan seperti itu tergantung pengerjaannya mas… kalo emang ukuran dan setingan pas saya rasa baik2 aja kok…

  29. bang mau tanya mtor saya shogun 125 RR th ’08
    kenapa setiap saya geber mau naik ke 100 ko berat y
    trus gmn caranya biar tarikan motor saya bisa lebih mantep lg
    minimal bisa balap ma ninja:)
    thx before

    • @lukius… coba mas ganti CDI nya pake BRT ato CDI racing lainnya ataupun CDI shogun 110 cc kluaran pertama… soalnya pada CDI bawaan standartnya ada limiterny… tu yang mengakibatkan pada RPM tertentu akan terjadi cut pada aliran listrikny….

      kalo mau balap ama ninja… tentu saja banyak yang harus dirubah mas… coba mz baca artikel diatas beserta komentar2nya.. mungkin nanti ada pandangan laen…

    • maksudnya muat gimana mas….. kalo mau ganti carbu rx king bisa aja tapi intex nya juga di ganti yah… kalo biasanya sih pada beli di toko fariasai ada kok… tar tinggal setting aja carbu rx king di sesuaikan mesin…

      met taon baru juga maz….

  30. Ya Allah, kenapa saya merasa seperti ini saat saya menyayangi seorang wanita… Apakah saya tak pantas mendapatkannya,,, apakah saya seorang yang tak memiliki kesungguhan terhadapnya,,,ya Allah hamba hanya inggin memohon terhadap Mu karna hamba hanya yakin bahwa engkau Maha segalanya, Maha mengetahui apa yang akan terjadi… Ya Allah hamba memang bukan seorang yang taat kepada Mu, hamba juga merasa malu untuk memohon kepada Mu karna hamba tau bahwa hamba bukanlah hamba yg taat kpada Mu.. Hamba mohon berikan kekuatan hati. Dan segala kekuatan untuk menghadapi sesuatu… Ya Allah berikanlah petunjukmu dengan segala Ridho Mu untuk menghadapi segala yg terjadi… Ya Allah apakah wanita ini adalah jodoh yang kau berikan padaku.. Dan apakah wanita ini akan menjadi seorang istri yang berbakti kepada Mu dan kepada ku saat aku menjadi istrinya kelak…. Berikanlah petunjukmu ya Allah,, walaupun saat ini hamba hanya tau sedikit mengenai dirinya… Ammin Ammin Ammin ya Robal Alaminnn

  31. Tanya bos. . .
    gimana cara merancang CDI???
    trus klo buat mtor jupiter z paling bagus dikasih CDI apa?agar kecepatannya bisa lbih cepat???

    • maksutny merancang CDI gimana bos…. kalo bikin CDI sendiri rumit boz, mnding beli jadi aja.. kalo mau ganti CDI juga ga asal2 ganti aja kalo mesin anda masih standart buat apa ganti CDI, kecuali motor anda buat balap, atau paling nggak udah dilakukan perubahan2 pada mesinny…. yg jelas kalo mau ganti CDI ganti yang non limiter aja…

  32. mas .
    saya tuh pingin motor saya jadi kenceng tapi ga pake cara di bord up
    gemana ya ???????????

    saya pake vega r 110cc

    mohon nasihatnya mas

    • pada dasarnya semua korekan sama,, hanya saja kalo untuk motor 2tak settingan standart lebih diperhatikan pada membran, piston, karburator, knalpot,, dan suplay bahan bakar..

  33. mas aq puny sogun 125,cdi ganti brt hyperband,koil kitaco,karbu 28pe,as klep udh bu2t,tp knp ya di putaran ats gk nmbh powerny?di gigi 123 power nmbh trus,tp di gigi4 power naik tp cm sdikit,tlng saranny mas biar bs lebih nmbah di gigi4 ny..

    • tarikan 123 sudah oke,, mungkin masalah ada pada settingan rasio… kalo anda main pada jarak track pendek usahakan pada 3 dan 4 perbandingan rasionya dibikin rengang, biar putaran atasny cepat…

  34. saya mau nanya nih.saya punya tornado 97 /100 cc.mau saya kasih kopling tangan.yang mau saya tanyakan berpengaruh tidak pada mesin karena kata bengkel langganan saya sehernya udah goyang ? trim

  35. Maz q pny mtor shogun. . .
    Tpi udh t’ korek. . .
    T’ bwat standart’an 125, kq g iz melaju dg cpat y. . .
    Pdhal udh t’ gnti seher shogun 200, cdi udh pake shogun kebo, noken udh t’ kepraz. Kop buring jua udh t’ kepraz, udh t’ in out. Udh t’ gnti knalpot mcc. . .
    Tpi kq lari ny g iz cpet y. . .
    Q smpe prustasi nie. . .

    Klo bleh tw . . .
    Bengkel mr. J dmna. . .
    N’ klo bleh q mnta no ny mr.j. . .
    Q mw ngorek’in d bengkel mr. J aj. . .

    • yang perlu diingat adalah, bahwa tidak semua motor korekan kencang….
      tapi yang perlu anda pahami bagai mana menjadikan sebuah korekan motor dapat maksimal. karena setiap korekan setiap bengkel berbeda2… dan banyak pula hasil korekan hanyalah asal2an tanpa perhitungan yang matang, bahkan sudah mengganti beberapa spare part racing tapi hasil tak memuaskan,, itu terjadi karena kurang perhitungan dalam pengerjaannya.. mungkin mas yoga perlu meriset ulang motor anda dengan teliti apa yang salah dengan motor anda…..
      kalo masalah bengkel untuk saya sendiri sudah tidak aktif lagi, saya sudah tidak memiliki bengkel lagi, heheheee karena saya udah dapet kerjaan lainn :D,, tapi yang jelas kalo anda berminat masih banyak bengkel balap terkenal di jogja yang kualitasnya tidak diragukan lagi, mungkin anda bisa baca majalah2 motor plus disitu banyak bengkel2 ternama jogja alamat juga biasanya tertera kok,, ….

  36. Lha nie gmna y mr. J. . .

    Q nie bngung bnget. . .
    Ap yg hruz t’ perbuat. . .

    Mtor q udh terlanjur t’ d bwat kyk gtu. . .

    Q jua g aktif kumpul2 d bengkel. . .

    Bagi tipz yg hruz t’ perbuat skrng. . .

    Ap hruz gnti seher,
    Ap hruz t’ noken lgi,
    Ato mungkin d ganti yg laent. . .

    Coal’e yg ngarap shogun sngat jrang d semarang. . .

    Tw g bengkel2 d smg yg specialist suzuki. . .??

    • motor udah terlanjur di oprak2 ya kalo menurutku teruskan aja, sekalian udah berkorban motor mending sekalin buat belajar toh,,,,
      loh setahu ku disemarang banyak kan bengkel yang garap shogun,,,, dulu aku punya kenalan pembalap drag asal semarang kalo gak salah namanya wita deh,,, dari Deandels… pahala kencana kalo gak salah loh… :D

  37. Mas ..aku punya motor 2 tak..
    pada kenalpot keluar asap sangat tebal ,pada exhose juga ter dapat rembesan oil
    pada hal setelan oil sudah setandar..
    apakah pembakarn yang kurang tepat/pas..
    atau ada spare pat yang sudah rusak..

    • coba cek piston ama ring pistonny bro….. kemungkinan besar asap tebal itu karena terbakarnya oli mesinnya….. kalo nggak coba stelan oli kamu matikan trus gak usah pake pompa oli otomatis dulu, sementara dilepas dan gunakan bensin campur dulu,,, kalo pas pakai bensin campur normal…. berati pompa oli sampingny yang gak beres…. :D

  38. Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, iwspo.net

    • Hitungannya, makin dekat hasil perbandingan gigi, berarti rasio makin rapat. disebut rasio ringan. Sebaliknya. Makin jauh hasil pembagian gigi, artinya makin berat.

      Kalau buat road race perbandingan gigi harus lebih ringan. “Itu karena pada road race sering main gas dan track lebih pendek2…. pasar senggol lah istilahnya
      Rpm mesin biasa dipaksa main di putaran bawah juga. Akhirnya, tenaga mesin butuh ditopang perbandingan rasio lebih enteng. “Supaya rpm cepat naik. Larinya juga tak ngedrop saat pindah persneling.
      Di gigi rasio 2 dan 3 anda dapat mengakalinya. Karena gigi dua lebih dekat dengan gigi satu dan gigi empat makin dekat dengan gigi 3.
      Kalau Buat drag, butuh rasio lebih berat. “Itu karena butuh rpm mesin yang lebih tinggi,.. lebih mengutamakan putaran atas nya…
      Baik itu buat drag lintasan 201 atau 402 meter.

  39. mz kruk as buat drag enagnya enteng or berat???

    trus durasi noken buat drag idealnya brapa?
    skalian lsa nya donk
    thx

    • Hitungannya, makin dekat hasil perbandingan gigi, berarti rasio makin rapat. disebut rasio ringan. Sebaliknya. Makin jauh hasil pembagian gigi, artinya makin berat.

      Kalau buat road race perbandingan gigi harus lebih ringan. “Itu karena pada road race sering main gas dan track lebih pendek2…. pasar senggol lah istilahnya
      Rpm mesin biasa dipaksa main di putaran bawah juga. Akhirnya, tenaga mesin butuh ditopang perbandingan rasio lebih enteng. “Supaya rpm cepat naik. Larinya juga tak ngedrop saat pindah persneling.
      Di gigi rasio 2 dan 3 anda dapat mengakalinya. Karena gigi dua lebih dekat dengan gigi satu dan gigi empat makin dekat dengan gigi 3.
      Kalau Buat drag, butuh rasio lebih berat. “Itu karena butuh rpm mesin yang lebih tinggi,.. lebih mengutamakan putaran atas nya…
      Baik itu buat drag lintasan 201 atau 402 meter.

  40. Bang…
    ak udh ganti kopling shogun 125 R dari yg otomatis k manual….
    nahhh…..
    mau tanya…
    ak Pengen ganti Per Kopling yg lebih keras….
    pake per kopling motor apa yaww….???
    klo d ganjal pake ringg bagus ga..n resikonya apa….??

    • kalo saya dulu untuk masalah per kopling shogun pernah saya gunakan 2 rangkap kalu shogun per koplingnya kan piringan ya,,, tapi kalo dirangkap2 jadi agak berat tapi juga kalo saran saya per tetap 1 rangkap aja km maksimalkan kampas koplingny aja bro, ada lagi sih cara yg lebih ekxtrim kamu bisa rubah tuh pake punya honda grand, sekalian rumah2 koplingny,,,, TAPI.. kamu harus rubah juga tu bak koplingny ama as nya,,, tapi tu ekxtrum banget soalnya seperti rubah mesinya, tapi hasilnya dasyat bro,, aku pernah buat itu, dari per standart yg piringan jadi per pegas, kalo udah per pegas enak tingal pilih mau pake per apa, rx king, ato racing skalian. mungkin sekian semoga bisa mencerahkan,,, :D

  41. bang mau tanya ni!
    bisa gak rumah kopling smash di pasang ke shogun 110?
    saya dah pakai kopling tangan dan menambahkan per matahari menjadi dua lapis tapi tetap gak bagus, kayak aus gitu koplingnya? mohon saranya bang………………….

  42. wah maz mw nyanya ni…bengkel di daerah solo yang sperpat racing nya murah tapi masih bagus di mana ya???soalbya aqu mw ngrubah new smash 110cc jd racing tapi biaya aqu pas-pasan…enaknya yang di rubah apa’a dulu ea maz…ni aq bru ada dana 500rb…
    makasi ea mas mw jawab…
    triimm…

  43. Mas,aq mau tanya,motorq RX KING msh standar tp dah oversize 50,,kmrn wkt d jakarta settinganx enak bgt cz d seting ma temenq d bengkel shotokaw..tp pas ku bawa di jogja jadi gak enak bgt,tarikanx jadi berat,n gak ada tenaganya.nah di jogja bengkel yang bagus buat setting RX King D mana ya?aq pengen motor q kenceng dan enak buat harian mas.makash sebelumnya

  44. bozzzzzz…….!!!!!!!!
    klo smua tu d lakuin……..
    kira2 berapa duit yang harus d abisin……????
    maklum bozz orng gag punya tapi pengen motornya lari kenceng…..

  45. maz aq mo tanya mtorku hnda prima,,kmaren aq turunin msinnya,,trus as kruk aku lubangi bagian yg dket ma stang seher,,trus magnet aq bubut 4mm..trus stelah naik,,,msinnya kk gk mau digeber,,pa krna trlalu bnyak bubut mgnet nya ya??aq bingung,,ato krna as kruknya dilubangi itu??mkasi sblumnya
    piston dah pake jupiter ov 175,cdi racing,,
    spul uda aku cek,,msh bgus….

  46. gni mas, sya kan blum nerti soal msin, nah sya tu pnya motr shogun R 110cc, gmna ya agar performa msinnya tu lbih bgus n mkin kenceng trus bas buat harian jga, thankz

  47. mas,saya mau nanya…gimana supaya motor fizR ’02 bisa kencang,krn saya pengen ikut road race kelas bebek standard…
    makasih sebelumnya mas…….

  48. q punya shogun’03, piston udah size 100 punya smash, trus saya mau ganti pake piston tiger,,, trus yang harus diganti apa lagi kalo saya pake piston tiger..?? biar motor kenceng..!!

  49. minta solusi nih gan,, q punya honda supra jadul, mw saya niken asnya juga udah q garap,, sekarang kalo mau bubut magnet gimana,, ukurannya trus bagus ngak n meningkatkan performa ngak,, nuhun

  50. Mas. Saya mau tanya… Mtr vega r lama thn 2004. Saya pasang kopling x1. Ko mesing ngicrik. Apa jgn2 gto smua dri kpling otomatis di ganti manual.Kra2 apanya ya kang? Klu bisa sms ke no aq aja ya. 08568444503.

  51. bos gua punya vega 05, sylinder + piston jupiter z OS 25,pake kopling tangan,kampas kopling baru, stang piston jg baru, top speed max 120 km/j kurang dikit kalo pas jalan menurun, tp knpa ya kl digeber kluar bunyi kaya knocking?kalo bner tu emang knocking,solusinya gimana bos,,
    ditunggu ya,,

  52. Mr.J ..Saya ada motor Shogun kebo, berapa kira2 biaya untuk modif jika mengikuti semua cara yang mas sampaikan…termasuk ganti karbu,apa yg cocok buat motor saya…???
    makasih Mr.j

  53. mas tornado sy mw sy bkin knceng, tp dri tngan sy sndri….. karbunya udah pake pny rx-s trus apanya lg ni yg hrus d rubah? kalo sekhernya satria gmn mas? cocok gk?

  54. bos mo nanya w punya shogun 110 standrt thn 2004,over size 100 knlpot racing kok ma jupiter belo stndart kalah ya….apa aja yg perlu di rubah agar larinya rada kenceng awet soalnya buat kerja sehari-hari tank….

  55. mas sy mau iktn nanya nih..
    ane pke shogun 125r udah pke kopling tangan nah msalanya skrg ada bunyi glek-glekan n ngiung-ngiung dari blok koplingnya .
    ane udah coba nanya ktanya rumah koplingnya hrz di pantek lagi..
    kalo mnurut mas ni kira”sektor apa yang perlu ane perbaiki n apa aja yang perlu ane ganti byr tu mtor koplingnya enak lagi, dan ane udah gnti karbu pke keihin pe24 piston oversize50 kira”udah pas ato msh perlu ada yg di setting lagi??

  56. mas cra mengakali koling shogun 110 gmna ya,,kok saya udah double matahi kampas baru basih aja kurang nendang,,,apa kruk as ke entengan berpengaruh

  57. adri: mas mw nx nee, motor syaa shogun tornado, tenaganya bgus dan tpi sering kendalanyaa pada kampas kopling yang sering auss,…
    udh agnti berkali kampas baru smaa ajaa tetaap auss jugaaaa shogun tornadoo ini…………………

  58. map mas bro,sy mw pke rextor adjustable program lmted v8.0 tp sy msh di buat bingung dg d hrskn myimbangkan sudut titik mati pulsar jenong,smntara pd std umum hanya trsdia 14*…17*. tolong di bantu mas bro

  59. mas master mau nanya nich,motor saya shogun R 110 02,udah over size 100,hari pertama jalan mesin halus,pas udah seminggu ko bunyi tek,tek dan ditelusuri suara dari tengah mesin,(kira2 yang bunyi apa ya master), satu lagi master ganti lakher noken as dua2nya,pas masang bandul ujung untuk pengapian sembarangan apa dimana,cos pas bongkar lupa liatin posisinya?apa efek melepas bandul gear noken as di samping itu master,karena pas dipasang menggesek dgn tutupnya?makasih master

  60. Slmat siang , sore , ato mlem pak (heheheh) , bgini , sya kan punya shogun R 110 th 2002 , sekedar bertany , permslahan motor ane tu kalo gigi udh msuk 2 , stelah ∂ï kurangi jdi gigi 1 sembari gas ∂ï lepas , serasa dlem blok mesin sebelah kanan tu buny ( kemplotok ) kaya ª∂a̲̅ besi tabrakan sama blok mesin , ªpa̲̅ yang harus ∂ï check sama motor saya ?? Sedangkan rumah2an kopling + kamplas kopling saya baru .. Trimakasih …

  61. salam otomotif:

    mas mau nanya gmna cara mningkatkan kecepatan motor vega saya tahun 2007,
    sekarang mtor saya masih standar semua..

  62. bagu sih fropilnya, a mau tanya soal motorku suprax lama mau diganti oper cc 150 .tapi buat jalan sehari2 kuat g yahhh …..?

  63. mas bro…
    mau tanyak….
    tander saya mau ganti seker
    enakx pkk seker puxakx ap…
    buat enteng entengan……
    makasih….

    • yaa gampang saja mas, tinggal bawa ke tukang bubut saja. tinggal bilang mau di kepras berapa mm’ sesuai setingan juga. jangan sampai berbenturan sama klep dan piston

  64. mas saya mau nanya,saya punya motor supra,per kopling sudah saya ganti pake CLD,noken udah bubutan,pke karbu pe 24,nah kalau magnet nya saya bubut 4mm ngaruh nya apa mas????

  65. mas bos maw nanya,.. motor saya shogun 110 fd,…maw nanya kmren setelah saya bongkar2 ganti laker kruk as sma stang piston skarang kok sering bermasalah di pengoperan gigi terutama 3 ke 4 or kadang setelah 4 ga bisa di kopling lg alias loss.
    maw nanya aj apa itu pengaruh dari pin stopper(bintang) yang setau saya jumlahnya cuman 4 tp sekarang diisi 5 pin?
    mohon bantuannya,…….

  66. ass, saya mau tanya tentang motor shogun 110 cc saya punya.
    pasang blok kopling tempel dan per matahari menjadi dua lapis
    nah saya tidak mengerti kenapa kopling saya slip.
    padahal per matahari sudah menjadi dua lapis dan kampas kopling baru

  67. mau tanya motorku shogun 125 lama
    kalo mau pasang kopling lebih aman pake blok shogun sp apa modif blok yg lama terus kalo habis naikin cc masih bisa lari nggak kalo masih pake knalpot standar?makasih

  68. Saya punya shogun 125 R specknya agak xtrim seher thunder klep diameter 24/28 stroke naek 1cm gigi rasio 3 oplosan pengapian pake BRT Hyperband. .
    Tapi kok belom mendapatkan power atasnya. .
    >tolong solusinya

  69. permisi izin tanya gan maslah kampas kopling di motor jadul saya suzuki crystal tune kemarin baru pasang kopling manual baru seminggu tiba tiba kampas kopling gak bisa balik jadi nekan terus kopling nya sampai di engkol juga mesinnya ngelos mohon pencerahanya gan

  70. permisi gan !! numpang nannya ..
    motor ane shogun 110 tapi dah bore up pake sher sonic 300 klep 24 28 !, dan memakai stang seher shogun 125 alhasil yang di dapat nambah paking almunium 4 mm … tapi begitu mesin naik motor tidak mau hidup malah yang ada keluar suara ledakan dari knalpot/alias nembak

  71. gw pnya kirana th 2003
    piston pke pnya kze os 100
    magnit ud d’bubut
    pkai kopling kaki
    karbu stand dan pengapian stand
    tpi npa blom bza ngimbang’n mx ea

  72. mlm broo ..
    mau nanyaa nih .. motor q suprax125 std ..
    masalah motor syaa kok motornyaa berat ,, samaa jupiter z atau vega blm bisaa ngimbangin ..
    kaloo magnet dii bubut gimanaa yaa ?? trus ukuranyaa berapaa ???

  73. mas bro saya mau tanya nie?tolong bantuan nya ya??saya mau rombak klos tangan untuk jupiter 2003,saya mau coba ganti sendiri dan saya denger tu bak kopling merek taiwan tinggal pasang aja,gak ada yg harus di bubut2 tetapi mas biasa nya klau pakai kopling kan klau kita lupa tarik hendle klos nya kan motor mati,tetapi nie kok ngak ya bisa bantuin gak sapa yg tau tolong ya di shere secepat nya ke email saya aja ya iwansusanto11@ymail.com

  74. Pingback: Cara Mengirit Bensin Pada Motor Empat Tak | Alat Penghemat BBM

  75. Pingback: Trik Meningkatkan Kinerja Mesin Motor Tanpa Ke Bengkel | Alat Penghemat BBM

  76. Pingback: Cara Buat Tarikan Motor Enteng Tanpa Ubah Mesin | Alat Penghemat BBM

  77. Pingback: Meningkatkan Performa Shogun Rr | Alat Penghemat BBM

  78. hallo bos…saya mw konsultasi ni boleh kan???hhehehe….

    begini,,saya punya motor jupiter z cw tahun 2006,kondisi motor lagi kurang memuaskan ni,kemarin motor saya smpat turun mesin,ganti stang seher tp seher nggak di ganti,soalny blum lama ganti,jadi cuma ganti ring sehernya aja,tetapi stelah ganti stang seher di mesin malah terjadi suara berisik seperti suara klep kendur,,pdahal klep dan rantai keteng sudah di setel,,klo kata orang bengkelny seher ny juga harus diganti,,tp boring ny sudah oversize 100,klo di oversize 150 bsa gak???trus pke seher apa yg cocok??trus apa lagi yg mesti drubah???pliss ditunggu jawabanny y boss…thank’s…

  79. salam kenal buat senior2 semua….
    numpang nanya….sya punya shogun 125r 2006
    tarikannya ko maksa banget ya dulunya nda begitu..sampe 100 ko susah banget mentok sampe 90…mesin masi ori…kira2 apa yang perlu diganti…saya sie maunya standar aja nga perlu kenceng2…mohon bantuanya saya juga bingung milih oli

  80. salam kenal buat senior2 semua….
    numpang nanya….sya punya shogun 125r 2006
    tarikannya ko maksa banget ya dulunya nda begitu..sampe 100 ko susah banget mentok sampe 90…mesin masi ori…kira2 apa yang perlu diganti…saya sie maunya standar aja nga perlu kenceng2…mohon bantuanya saya juga bingung milih oli (((alfaomega98@yahoo.com))

  81. gan mo tanya ni, motorku shogun 110 ’02, kalo mesin temperaturnya udah naik waktu perseneling 1 puteran atas ada bunyi tek tek, wktu masuk gigi 2 udah gak ada suara tek tek, kira2 knapa ya problemnya?
    kalo ganti gear rasio yg 4 aja nentuin perbandingan yg tepat gmana caranya/tipsnya?
    efek negatif kopling manual ada ga kalo dikembaliin lg jadi ganda?
    beda CDI dualband & hiperbrand apa? buat harian n balap pilih mana?
    MAAPH banyak tanya agan,,, Evek candu jalanan
    mksih gan

  82. jika mbrebet di putaran tengah pakek karbu king ukuran 24 gmana mas…??? pa minta main jet di turunin apa di naikin…????

  83. kenapa kofling otomatis motorku mudah bunyi,
    motorku jufiter z,padahal smua koflingnya udah aku ganti,tapi tetap z bunyi..
    Bunyinya kaya tiang sokkar..keras x..tp pada saat di gas,,suara bisingnya hilang,tolong bantu aku

  84. Maz saya pnya motor yamaha vega r ,saya ingin pakek klep shogun apa ajha yang harus di akal ,
    klu piston udh pkek kaze oversis 100,,

    • karbu standar dibubut bisa jadi diameter berapa memangny om. trus valp pada carbuny kan juga masih gak besar masih standarny juga.. ya kalo dibandingkan karbu RX king atau karbu variasi lain yang ukuranny diatasny jelas jauh bedanny om

    • paling kampas koplingny selip bos diganti saja yang baru paling sudah habis tuh – atau mungkin setelan kopling sama tukang bengkelny terlalu pakem jadi selip

  85. Bos,,mau nanya nih,,motor ane jupiter mx 2009,,ane pengen motor ane lebih kenceng dari standarnya tapi jangan sampe ngoprek mesin bos..

  86. bos motor ane shogun 110,ane bore up pake seher thunder OS 0.75mm,klep punya sonic jadinya kompresi padat tapi koplingnya yang kagak mampu… sering kalo posisi mesin panas,tolong bantuanya bos…..

  87. mas mw tanya….motorku shogun 110 thn 98
    speknya….
    -udah kopling manual..
    -bandul arashi di modif
    -magnet di bubut + tonjolan pulser di tambah panjang
    -seker std karena ngejar cc dibawah 130
    -noken modif
    -klep pakek sonic
    -ubahan kubah kop tapi g paham ane…kayak di coak gitu
    -karbu pe 28
    -cdi brt power max
    motor dipakek untuk liaran 800m keatas, yg jadi masalah karena kompresi nya yang lumayan padat.. koplingnya kok masih terasa selip ya pas start dan oper gigi,pernah diganjal bagian platnya dgn ring..tapi koplingnya berat bgt,emang selipnya agak hilang tapi spy penguncinya pernah lepas waktu di tes…..ada solusi laen g gan…soalnya mw ganti seker dome…biar kompresinya makin padat lagi…..karena ada yg ngajakin tanding ulang soale kemarin di libas ama shogunku…hehheheh

  88. Kalo buat setandaran lobang isep buang t d perbesar dengan ukuran berapa!….
    Motor sohgun 110. Th2000. Saya dulu pernah kebut”tan sama satria f 150.cc.
    Jauh ketingalan.
    Baru maen oprsi 100. Sama tambah pelat kopling 1.,
    tapi denger2 dgn mekanik2 balap. Tu pelat yg 1 ya harus di bubu agar pelat yg 1 ya lg bisa menutupi ya.
    Cuman it aja.

  89. Kalo buat suzuki smash 2004, gimana bang biar mantep..
    Pistonnya sudah saya naikkan ke size 50, lainnya masih pada standard pabrik..
    Maklum dana pas-pasan..ditambah kurang paham bener soal otak-atik mesin motor, taunya cuma bawa doang..(◦’⌣’◦)pizzz (◦’⌣’◦)pizzz..
    Makasih sebelum dan sesudahnya bang :)

    Bang balesnya ke email saya aja ya bang..
    Salam kenal dan terimakasih !!

  90. bos kalo mesinya kalem alus,, tp kalo beban berat atau ditarikkan kok bunyi “kraaaakkkkk” itu harus ganti apanya ya

  91. Bos mau nnya ni lo mtor sogun 110 opersais 100 karbu mikuni 24 papas kpala slinder 8mm korek lbng in out…tpi msih pakai klep standar apa kah bgus untuk drag…….? Tenks

  92. Mntap bro artikelny,nt sya jg blikn unk ortuq,slsai plg dr papua,sya racer jg bs jd tuner pemula cz bs sdkt tntg mtr biar kenceng,slm gas pool

  93. mas saya mau tanya sya mau primer/kopling kaki kan harus di las lok nggk gitu di ganjal gandanya tapi lok yg di akal dgn yg laen gmn ya mas slain di las am di ganjel ntu,,,,,,,,,,,,,,,,????????????????

  94. Ass..sy pnya shogun r110 standart dan mau sy buat drag harian..kira” spek’y apa aja ya Ÿåñğ G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ terllu besar dana’y…tlong ya mas n trmksh sblm’y ats tips’y..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s